Peringatan HKJS 2022

Palu, 03 Oktober 2022, bertempat di ruangan Srikaya RSUD Madani Palu dilaksanakan peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS), yang dilaksanakan secara Live bersama 27 (dua puluh tujuh) RS Jiwa Se-Indonesia dirangkaikan dengan pemotongan tumpeng oleh Direktur RSUD Madani Palu, dihadiri oleh jajaran manajemen dan staf medis dan staf pelayanan khususnya pelayanan kesehatan jiwa. 

Peringati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS),setiap tahunnya pada tanggal 10 Oktober, sebagai kegiatan tahunan Federasi Kesehatan Jiwa Sedunia. Dengan tujuan awal untuk mengkampanyekan advokasi kesehatan mental dan mendidik masyarakat tentang isu-isu yang relevan terkait kesehatan mental. HKJS tahun 2022 ini merupakan peringatan yang ke-28 dengan tema nasional adalah “Make Mental Health & Well Being” Pulih bersama generasi sehat jiwa. Tema ini dipilih karena masalah kesehatan jiwa merupakan masalah yang universal, yakni banyak dialami oleh seluruh lapisan masyarakat.

pelaksanaan kegiatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) di Indonesia selalu dilaksanakan pada tanggal 3 Oktober sebagai peringatan dan penghargaan terhadap Bapak Psikitri Indonesia yakni Prof, DR, Dr R. Kusuma Setyonegoro, SpKJ (03 Oktober 1924-27 September 2008).

#maam041022, #PKRS, #TIM-IT RS, #PPID-P Madani

Bakti Sosial Operasi Bibir Sumbing

foto by : Reffly Axell

Palu, 16 September 2022, Rumah Sakit Daerah Madani, Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Tengah bekerjasama dengan Yayasan Senyum Sulawesi Tengah, Smile Train Indonesia dan Yayasan P4CBL menggelar operasi sumbing bibir dan sumbing langit-langit gratis sebagai bentuk kepedulian dan perhatian terhadap para penyandang bibir sumbing dan sumbing langit-langit di Provinsi Sulawesi Tengah. 

Kegiatan bakti sosial ini melibatkan sejumlah dokter yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Ahli Bedah Mulut dan Perhimpunan Dokter Anestesi. Ada dr.Gazali Malik, Sp.BM,MARS dan dr. Faridnan, Sp.An (Dokter Spesialis Anestesi) dan Niluh Sukardiasih,  Ns (Penata Anestesi). Sehari sebelum pelaksanaan, para peserta telah melakukan sejumlah skrining kesehatan untuk memastikan kondisi pasien dalam keadaan fit sehingga siap dilakukan tindakan. Terdata hingga pelaksanaan, terdapat sekitar 10 (sepuluh)  pasien yang sudah mendaftar dan dilakukan proses skrining di RSUD Madani Palu

Melalui  Bakti sosial operasi bibir sumbing  yang dilaksanakan di RSUD Madani Palu hari ini, Jumat (16/09/2022) berjalan dengan lancar, hanya saja pasien yang lain kondisinya kurang fit sehingga hanya terdapat 4 orang pasien yang bisa di operasi.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Tengah Ibu Vera Rompas didampingi Direktur RSUD Madani, dr. Nirwansyah Parampasi, Sp.PA beserta jajaran manajemen, berkesempatan menemui keluarga pasien dan berbincang di ruang rawat setelah dilakukan tindakan operasi. Pasien dalam keadaan sehat dan akan segera kembali kerumah setelah diperbolehkan oleh Tim Dokter.

 <maam>

Monev PPID Tahun 2021 di Hotel Santika Luwuk 29-30 Maret 2022

sumber : Humas Diskominfo

Palu, Sulawesi Tengah. Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik menggelar Rapat Koordinasi Pejabat Pengelolah Informasi dan Dokumentasi Ke- 2 Lingkup Provinsi dan Kabupaten/Kota Se-Sulawesi Tengah, Bertempat di Hotel Santika Luwuk, Kabupaten Banggai. Selasa, (29/4/2022)

Rakor tersebut diikuti oleh seluruh PPID Perangkat Daerah dan PPID Kabupaten/Kota Se- Sulawesi Tengah.

Dalam laporanya, Kadis Kominfo Dra. Novalina, MM menyampaikan bahwa Rakor PPID tahun ini merupakan penyelenggaraan rapat koordinasi yang ke-2, yang mana di tahun sebelumnya juga telah dilaksanakan walapun secara virtual.

“Alhamdulillah tahun 2021 PPID Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah mendapatkan kategori Menuju Informatif.” Ucapnya

Atas hasil tersebut, Beliau mengucapkan terima kasih kepada para PPID Utama Kabupaten/Kota dan PPID Perangkat Daerah atas dukungannya terhadap Diskominfo Provinsi selaku PPID Utama dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik di Sulawesi Tengah.

Dengan demikian, kegiatan Monev terhadap PPID Utama Kabupaten/Kota telah dilakukan dalam bentuk penyebarluasan Quesioner yang telah diterima oleh masing-masing Dinas Kominfo Kabupaten/Kota melalui Surat Gubernur Nomor 491/ 342/DIS. KOMINFO tentang penyampaian Quesioner penilaian internal PPID pada 13 April 2021.

Adapun tema dalam Rakor yakni ; “Gerak Cepat Mewujudkan Sulteng yang Informatif di Tahun 2026” Melalui Penyusunan Informasi Publik dan Penyelesaian Sengketa Informasi Publik.

“Kalau bisa tahun ini, kenapa harus menunggu tahun 2026” Ujar Novalina

Lebih lanjut, Beliau juga mejelaskan bahwa hasil Monev yang dijadikan sebagai indikator yakni ; Pertama, 100% Dinas Kominfo sudah menerima kewenangan pengelolaan PPID Utama dari bagian organisasi dan tatalaksannya.

Kedua, terdapat sekitar 15,38 % atau 2 Pemda yang melakukan penyerahan kewenangan PPID Utama disertai berita acara dan ada 11 Pemda belum menyerahkan berita acara.

Ketiga, terdapat sekitar 69,23 % atau 9 Pemda yang memiliki Website resmi untuk Diseminasi Informasi dan 4 Pemda belum memiliki Website resmi.

Keempat terdapat sekitar 45, 15 % atau 6 Pemda memiliki peraturan daerah tentang keterbukaan informasi publik dan terdapat 7 Pemda yang belum memiliki Perda keterbukaan informasi publik.

Kelima, 23,08 % terdapat sekitar 3 Pemda sudah menerbitkan SK tentang Struktur PPID Utama dan 10 Pemda yang belum menerbitkan SK.

Keenam, Seluruh PPID Utama Kabupaten/Kota belum menetapkan daftar informasi publik tahun 2021.

Ketujuh, terdapat 30,77 % atau 4 Pemda sudah melaksanakan Sosialisasi tentang keterbukaan informasi publik kepada PPID Perangkat Daerah.

Pada kesempatan itu, beliau berharap komitmen pelayanan publik terus ditingkatkan agar predikat “Informatif” dapat tercapai dan juga
pembinaan pengelolaan layanan informasi publik melalui PPID.

Turut hadir : Pimpinan OPD, Dinas Kominfo Kabupaten/Kota dan PPID Utama Kabupaten/Kota Se-Sulawesi Tengah.

Sumber : Humas DKIPS Provinsi Sulteng