Kepuasan masyarakat merupakan faktor yang sangat penting dan akan menentukan keberhasilan penyelenggaraan pelayanan publik karena masyarakat adalah konsumen dari produk layanan yang dihasilkan. Oleh karena itu, penyelenggara pelayanan publik harus dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan  masyarakat sehingga mencapai kepuasan masyarakat dan lebih jauh lagi kedepannya dapat dicapai kesetiaan masyarakat. Sebab, bila tidak dapat memenuhi kebutuhan dan kepuasan masyarakat sehingga menyebabkan ketidakpuasan masyarakat. Ukuran keberhasilan penyelenggara pelayanan publik ditentukan oleh tingkat kepuasan penerima pelayanan sesuai dengan yang dibutuhkan dan diharapkan. Oleh karena itu KEPMENPAN Nomor 63/2004 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik mengamanatkan agar penyelenggara negera secara berkala melakukan survei indeks kepuasan masyarakat . dalam survei indeks kepuasan masyarakat memiliki beberapa unsur-unsur. Unsur Pelayanan adalah faktor atau aspek yang terdapat dalam penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat sebagai variabel penyusun indeks kepuasan masyarakat untuk mengetahui kinerja unit pelayanan.

Berikut ini Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dalam 14 Unsur Pelayanan pada periode Juli- Desember 2018 pada SKPD RSUD Madani :

ikm-2018

sumber : Bagian Informasi & Umum RSUD Madani

IKM – Indeks Kepuasan Masyarakat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This field is required.

This field is required.