Autisme juga bisa hidup berkualitas

tumbang

Apa itu Autisme ?

Autisme adalah gangguan perkembangan kompleks yang gejalanya harus sudah muncul sebelum anak berusia 3 tahun. Gangguan ini terjadi pada aspek neurobiologis otak dan mempengaruhi proses perkembangan anak. Akibatnya sang anak tidak dapat secara otomatis belajar untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya, sehingga ia seolah-olah hidup dalam dunianya sendiri.

Gejala Autisme 

Gejala individu dengan gangguan autisme yang harus muncul (salah satu atau kesemuanya) adalah gangguan interaksi kualitatif, gangguan komunikasi verbal, dan non verbal, dan perilaku repetitive terbatas dengan pola minat, perilaku dan aktifitas berulang.

Penyebab Autisme 

Sampai saat ini, apa yang menjadi penyebab gangguan spektrum autisme ini belum dapat ditetapkan. Negara-negara adikuasa yang sanggup melakukan penelitian menyatakan bahwa penyebab gangguan perkembangan ini marupakan interaksi faktor genetik dan berbagai paparan negatif yang didapat dari lingkungan.

Pendidikan bagi penderita Autisme

Individu dengan gangguan autisme tidak berbeda dengan individu lain non-autistik. artinya kecerdasan setiap individu bervariasi. Karena tingkat kecerdasan setiap individu berbeda, intensitas gejala autistik juga tidaklah sama, maka kemungkinan pendidikan bagi individu autistik bervariasi dari ‘bisa mencapai pendidikan setinggi mungkin’, sampai ‘tidak bisa dididik tetapi hanya bisa dilatih saja’.

Penanganan bagi individu autistik

berbagai terapi terbukti mampu mambantu meningkatkan kualitas hidup individu autistik, penanganan yang sudah tersedia di RSD Madani di Unit Tumbuh Kembang Anak dan Remaja antara lain : Terapi sensori integrasi, Terapi okupasi, Terapi Wicara dan Fisioterapi. <soedj-mgl>

 

error: Content ini diproteksi ... !!