Pelatihan SIMRS berbasis KhanzaHMS

aski-org

PELATIHAN SISTEM INFORMASI (SIMRS)

KHANZAHMS DALAM MENUNJANG PELAKSANAAN AKREDITASI

DI RSD MADANI PROVINSI SULAWESI TENGAH

pelatihan simrs khanza

pelatihan simrs khanza

diselenggarakan pada 2 Agustus 2017 s.d 4 Agustus 2017 diikuti oleh : karyawan rsd madani, rs anutapura, rs siti masyita, rs tinatapura, rs buol, rs toli-toli, rs sigi, rs al-khairaat, rs care she,

PENDAHULUAN

Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Merupakan sebuah sistem informasi yang terintegrasi yang disiapkan untuk menangani keseluruhan proses manajemen Rumah Sakit, mulai dari pelayanan diagnosa dan tindakan untuk pasien, medical record, apotek, gudang instalasi farmasi, bagian penagihan, database personalia, penggajian karyawan, proses akuntansi sampai dengan pengendalian oleh manajemen Rumah Sakit. Sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 82 Tahun 2013.

Untuk meningkatkan pelayanan di Rumah Sakit diperlukan adanya SIMRS yang handal dan efektif. Pelatihan tentang SIMRS ini diadakan sebagai suatu perangkat prosedur dalam rumah sakit yang terorganisir apabila di jalankan akan memberikan umpan balik dan informasi kepada manajemen tentang masukan, proses dan keluaran dari siklus manajemen yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian secara efektif. Oleh karena itu  Rumah Sakit Daerah Madani bermaksud menyelenggarakan pelatihan “Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit“ yang direkomendasikan untuk diikuti.

Tujuan pelatihan

Diharapkan setelah mengikuti Pelatihan peserta mampu:

Tujuan Umum:

  • Lebih meningkatkan pelayanan rumah sakit.
  • Agar data-data yang ada di Rumah Sakit tersusun rapi.
  • Memudahkan dalam pencarian data obat, pasien dan lain sebagainya yang berhubungan dengan Rumah Sakit.
  • Meningkatkan citra pelayanan Rumah Sakit.

Tujuan Khusus:

  • Meningkatkan produktifitas (mengurangi biaya dan meningkatkan efektifitas).
  • Memenuhi kebutuhan akan informasi.
  • Memperbaiki kualitas pelayanan.
  • Menciptakan keunggulan berkompetisi.
  • Meningkatkan inovasi dan kreativitas.
  • Tanggapan secara Cepat atas kebutuhan konsumen dan perubahan dalam lingkungan bisnis.
  • Mencapai tujuan strategis rumah sakit.
  • Pengambilan keputusan yang lebih baik dan efektif.
  • Reorganisasi dan Reengineering.

Materi

Berikut materi yang diberikan antara lain , yaitu :

  1. Pengenalan dan instalasi software
  2. Registrasi, Tagihan rawat inap, jalan dan billing
  3. Presensi dan penggajian pegawai
  4. Transaksi Obat dan BHP Medis
  5. Asset dan inventaris, parkir
  6. Pengolahan data tagihan, olah data pasien dan olah data penyakit
  7. Tarif pelayanan & keuangan
  8. Bridging SEP, Aplicare, Pcare, INACBG dan pihak ke-3

Narasumber :

Owner dan Pengembang SIMRS Khanza : Windiarto Nugroho, S.Kom

Diklat RSD Madani

error: Content ini diproteksi ... !!