KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA RUMAH SAKIT (K3RS)

K3RS

Dengan makin bertambahnya aktifitas dan berkembangnya metode-metode baru serta makin canggihnya alat-alat di rumah sakit, maka makin kompleks pula permasalahan Kesehatan dan Keselamatan Kerja di rumah sakit (K3-RS). Potensi bahaya dirumah sakit, selain penyakit-penyakit infeksi, terdapat pula otensi bahaya-bahaya lain yang mempengaruhi situasi dan kondisi di RS, yaitu kecelakaan kerja,ledakan, kebakaran, kecelakaan yang berhubungan dengan instalasi listrik, dan sumber-sumber cidera lainnya, radiasi, bahan-bahan kimia yang berbahaya, gas-gas anastesi, gangguan psikososial dan ergonomi. Semua Potensi bahaya tersebut diatas, jelas mengancam jiwa dan kehidupan bagi para karyawan, pasien dan pengunjung yang ada dilingkungan RS. Oleh Karena itu penerapan K3 di ruamh sakit mutlak harus dilaksanakan. Rumah sakit harus aman, nyaman, bebas dari kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Oleh karena itu penerapan K3 di rumah sakit mutlak harus dilaksanakan. Rumah sakit harus aman, nyaman, bebas dari kecelakaan dan penyakit akibat kerja.

Olehnya itu RSD Madani mengadakan Pelatihan K3RS yang diselenggarakan pada 02 – 04 Maret 2017, yang dokumentasinya a.l :

 

DSC_0824

DSC_0350

Tujuan

Pelatihan K3 Rumah sakit bertujuan untuk memberikan pembekalan dan pemahaman kepada peserta dengan harapan :

  1. Peserta mampu untuk mengelola sistem manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja di rumah sakit.
  2. Peserta mampu memahami dalam merencanakan, membuat, mengimplementasikan, mendokumentasikan serta mengevaluasi program-program K3 rumah sakit.
  3. Peserta mampu merencanakan dan mengusulkan perbaikan terkait dengan sarana dan prasarana keselamatan di rumah sakit.
  4. Peserta mampu mengidentifkasi potensi bahaya di rumah sakit.
  5. Peserta mengetahui dan menilai risiko serta pengendalian risiko dari potensi bahaya yang ada ditempat kerja dan mengetahui adanya kemungkinan potensi bahaya yang dapat menimbulkan penyakit akibat kerja dan kecelakaan kerja.
  6. Peserta mengetahui, memahami dan mampu menyusun dokumen MFK terkait K3 RS sesuai dengan standar dari KARS dan JCI

Materi

Materi yang diberikan dalam pelatihan ini adalah : (1). Standar dan Manajemen K3 Rumah Sakit, (2).Penerapan Program K3 Rumah Sakit, (3). Standar Akreditasi Rumah Sakit versi KARS 2012 (Standar MFK), (4).Manajemen Pengelolaan B3 (Hazmat). (5). Manajemen Penanggulangan Keadaan Darurat (Hosdip), (6). Transportasi dan Evakuasi, (7). Manajemen Penanggulangan Kebakaran (8). Aplikasi Perhitungan Resiko (HVA) (9). Investigasi Kecelakaan, Pencatatan dan Pelaporan Kecelakaan (10). Skill Transportasi dan evakuasi (11). Skill APAR (12). Metode Telusur versi Akreditasi KARS (13). Penyusunan Skenario Simulasi (14). Simulasi Disaster (15). Praktek Telusur lapangan (16). Presentase Hasil Telusur dan (17). Simulasi Disaster

DSC_0936

sumber : pelatihan k3rs 02-04 Maret 2017

 

error: Content ini diproteksi ... !!