RSUD Madani Palu Targetkan Nol Persen Stunting di Dua Desa

Palu, Sulawesi Tengah – Dalam upaya mendukung program pemerintah daerah dalam memerangi stunting, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Madani Palu menargetkan nol persen kasus stunting di Desa Pesaku dan Desa Luku, Kecamatan Dolo Barat, Kabupaten Sigi.

“Targetnya harus NOL, di dua desa itu kita tidak boleh ada stunting. Haram hukumnya setelah kita intervensi masih ada kasus,” tegas Direktur RSUD Madani Palu, dr. Nirwansyah Parampasi, Sp.PA

sggi3
Jumat tgl 23 Feb 2024 RS MADANI didesa LUKU Melaksanakan Intervensi Stunting Berupa Pemeriksaan HB Remaja Putri & ibu hamil pemberian vitamin dan makanan tambahan terhadap balita, & anak2 Pengukuran BB, TB

Langkah strategis yang dilakukan RSUD Madani Palu dalam mencapai target tersebut meliputi:
Penyuluhan: Memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya gizi seimbang dan pola hidup sehat untuk mencegah stunting.
Intervensi Gizi: Memberikan bantuan susu dan makanan tambahan kepada anak gizi buruk dan ibu hamil untuk memastikan kebutuhan gizi terpenuhi.
Pemetaan dan Intervensi Terpadu: Melakukan pemetaan terhadap anak stunting dan normal, kemudian memberikan intervensi yang tepat dan terukur sesuai dengan kondisi masing-masing anak.
Penyuluhan Pencegahan Stunting: Memberikan edukasi kepada masyarakat tentang cara mencegah anak normal menjadi stunting.
Upaya ini merupakan bagian dari program Tangguh Bersinar yang digagas oleh Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura, untuk mempercepat penurunan stunting dan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Sigi.

refly2

RSUD Madani Palu berkomitmen untuk bekerja sama dengan seluruh pihak terkait, termasuk pemerintah desa, puskesmas, dan masyarakat, untuk mencapai target nol persen stunting di dua desa tersebut.

Diharapkan dengan langkah-langkah yang terarah dan terukur, angka stunting di Kabupaten Sigi dan Provinsi Sulawesi Tengah dapat diturunkan secara signifikan, sehingga generasi penerus bangsa dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal 

(irayha 27022024 : 1008)

Tags:

RSD Madani Prov. Sulteng adalah Rumah Sakit milik pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This field is required.

This field is required.