Master Plan RS -1

IMG_20160604_121429

Master Plan atau Rencana Induk rumah sakit berisi rencana komprehensif fisik yang akan terus desain detail. Bagian ini adalah bagian yang sangat penting untuk mensinkronkan apa yang ada dalam Rencana Bisnis yang akan diterapkan dalam bangunan fisik.

Permasalahan utama yang biasa dihadapi rumah sakit adalah bahwa mereka tidak memiliki perencanaan fisik jangka panjang yang baik, termasuk kesiapan terhadap perubahan tipe rumah sakit atau prediksi terhadap kemungkinan penambahan program-program yang baru. Sebagai hasilnya, banyak fasilitas lama harus direlokasi ketika pengembangan fisik dilakukan, semata untuk mengubah penampilan fisik yang sudah ketinggalan jaman atau karena tidak tersedianya lagi lahan sesuai kapasitas yang diinginkan.

IMG_20160604_121429

Membangun RS adalah spesifik, ada norma norma fungsional yang harus dipahami terutama untuk posisi zona medis (IGD, kamar Operasi, ICU), diagnostik, dan penunjang yang sirkuler. Banyak contoh pembangunan RS dengan tanpa pembuatan rencana pengembangan menjadi salah kaprah dan harus segera dibenahi ketika beroperasi.

RSD Madani mengadakan penyamaan visi pembuatan masterplan pada tgl 4 Juni 2016 diikuti semua stake holder dan jajaran direksi RSD Madani. <mam>

IMG_20160604_121442

error: Content ini diproteksi ... !!